Tuesday, October 11, 2016

Lukisanku

7777777
-
Lukisan-lukisanku adalah lukisan-lukisan non-figuratif.
Sejak masuk kuliah pada tahun 1980 dan diperkenalkan pada karya-karya seni rupa dunia, aku mulai menyadari bahwa bentuk-bentuk non-figuratif, warna dan garis dapat mewakili ekspresi jiwa dan ide-ideku dalam menciptakan lukisan. Segera setelah aku diperbolehkan untuk melukis secara bebas di ASRI(kini ISI), aku memilih untuk membuat lukisan-lukisan non-figuratif. Bagiku, lukisan-lukisan seperti ini kaya makna, penuh misteri, dan bentuk atau cara yang lebih sesuai untuk kugunakan dalam berekspresi. Aku secara konsisten telah membuat lukisan-lukisan non-figuratif lebih 35 tahun.
Meskipun non-figuratif, bentuk-bentuk dalam lukisanku telah kupilih untuk mewakili bentuk-bentuk yang ada di dunia nyata, rasa dan ide-ide yang nyata. Secara singkat, bentuk-bentuk tersebut aku gunakan dalam melukiskan hal-hal yang berkenaan dengan:
- Kebesaran Tuhan
- Rasa spirituil
- Diri
- Rasa kehilangan / Duka
- Kematian
- Misteri kehidupan
- Kerapuhan hidup
- Kebersamaan, hubungan atau keterkaitan antar manusia
- Doa / Pujian untuk Tuhan
- Rahmat/ Wahyu Tuhan
- Konflik dalam diri manusia / Konflik antar manusia
- Dua kekuatan atau nilai yang bertentangan dalam kehidupan
- Ekstasi dalam diri dan semangat hidup
- dll.
Aku menggunakan warna-warna tertentu dan garis sebagai unsur penting dalam mewujudkan ekspresi jiwa, rasa dan ide-ideku tersebut.
Lukisan-lukisanku adalah wujud tanggapanku sebagai seorang seniman, sebagai seorang manusia beragama dan sebagai warga dunia terhadap kehidupan dengan segala dinamikanya, terhadap rasa dan ide-ideku.
-
YDB, 2016
-
7777777

No comments:

Post a Comment