Monday, November 10, 2014

KARYA SENIMAN HARUS TETAP RELEVAN

7777777

KARYA SENIMAN HARUS TETAP RELEVAN

Aku pernah mengatakan bahwa karya seni yang baik tetaplah karya seni yang baik apapun ismenya, alirannya, atau gayanya. Tapi untuk diperhatikan, dibicarakan, dan diperhitungkan hari ini, ternyata membuat karya yang baik saja tidaklah cukup bagi seorang seniman.
Untuk semua itu, karya seni yang dibuatnya hari ini haruslah relevan. Ya, RELEVAN. Jika tidak, dia dan karyanya akan didiamkan oleh dunia seni. Dia dan karyanya akan "tenggelam" dan terlupakan.
Inilah tantangan besar bagi seorang seniman, yaitu bagaimana karya-karya yang dibuatnya hari ini relevan dengan jamannya, dengan situasi dan kondisi lingkungannya, dengan negerinya, dengan bangsanya HARI INI. Karyanya hendaknya harus tetap mencerminkan tanggapan atau reaksinya terhadap kegelisahan, persoalan, aspirasi, cita-cita, dan impian jamannya, masanya, hari ini. Karyanya harus menunjukkan bahwa sebagai seorang seniman, ia adalah seseorang yang berpikir, tidak hanya merasa. Karyanya harus menunjukkan bahwa ia adalah seseorang yang sepenuhnya sadar dan tanggap akan "gerakan" jamannya, masanya.

Seorang seniman hari ini harus terus-menerus mengadakan dialog dengan jamannya.

*

ydb, washington dc, usa, 10.11.2014
berpikir itu nikmat.
jaga bara!

7777777

No comments:

Post a Comment