Monday, October 10, 2016

Tentang Lukisanku

7777777
-
Dengan sadar dan sengaja, aku ingin lukisanku juga menjadi ungkapan pengakuanku atas keberadaan Tuhan Yang Esa serta keagunganNya. Pengakuan atau kesaksian tersebut sudah menjadi bagian yang dekat dalam hidupku sehari-hari melalui sembahyangku. Aku ingin hal itu melekat dan tercermin pula dalam lukisan-lukisanku. Aku ingin lukisanku dan kegiatan seniku lebih mendekatkan diriku pada Tuhan, bukan menyeretku menjauh dariNya. Kegiatan berkesenian, bagiku, bukanlah kegiatan yang terpisah dari kegiatan beribadah. Aku melihat bahwa jati diri manusia sesungguhnya adalah jati diri makhluk ciptaan, yang - secara tak terelakkan - mengabdi atau menghamba pada [hukum] Penciptanya. Itulah esensi kemanusiaannya. Pengabdian atau penghambaan ini mestilah dengan sadar dan sengaja terekspresikan dalam seninya, dalam karya-karyanya.
Itulah yang aku lakukan.
-
YDB, 9 Okt. 2016
-
7777777

No comments:

Post a Comment