Monday, April 11, 2016

Berkarya

7777777
-
Bagi seorang seniman rupa, memvisualkan atau mewujudkan ekspresinya sudah semestinya dengan cara yang menarik, at least. Idealnya indah. "Nyeni" atau artistik, kata orang. Namanya juga "karya seni". Hal ini tidak lagi perlu dipertanyakan.
Yang sering menjadi masalah bagi seniman adalah tentang apa yang hendak diekspresikan, apa yang hendak dikatakan. 
Memiliki kemampuan dan tehnik tinggi untuk melukis namun tidak memiliki ide atau gagasan bagus untuk diekspresikan, maka lukisan bagus tidak akan terwujud, bahkan mungkin tidak akan ada lukisan sama sekali.
Banyak "seniman" yang tidak lagi membuat karya disebabkan mereka tidak memiliki ide atau gagasan yang hendak diekspresikan. Mereka berhenti berkarya. Kemampuan teknis yang telah diperoleh selama bertahun-tahun tidak terpakai dan digunakan karena ketiadaan ide. Kemampuan berbicara tanpa tahu apa yang hendak dikatakan akan membuat seseorang terpaksa terdiam.
Banyak pula karya seni/lukisan yang cukup bagus atau bahkan indah secara visual namun tidak jelas apa ide atau gagasannya. Karya tersebut tampak seolah-olah memberikan banyak informasi. Ruang kanvas penuh dengan bentuk, garis dan warna, namun ia tidak memiliki fokus ide dan gagasan. Ini sama saja dengan seseorang yang riuh berceloteh, tapi tidak jelas apa fokus gagasan atau isi pemikiran dalam celotehannya itu.
Mata jeli penikmat seni yang terlatih, berpengalaman dan berpengetahuan akan tahu apakah sebuah karya itu "berisi" dan "bergizi" atau tidak.
-
Pengalaman dan keseharian setiap orang itu unik. Ini membuat diri setiap orang juga unik. Seniman peka dan hebat adalah seseorang yang mengenali hal-hal penting dan momen-momen penting dalam pengalaman dan hidupnya sehari-hari. Kesadarannya akan arti pentingnya hal-hal dan momen-momen tersebut dapat digunakannya sebagai pemicu untuk lahirnya sebuah karya. Pengalaman penting perlu diendapkan dan diolah untuk menghasilkan makna dan nilai. Makna dan nilai inilah yang akhirnya di-share atau dibagi si seniman dengan orang lain ketika ia memamerkan karya-karyanya. Dalam pameran, setiap karya berkesempatan untuk menyuarakan makna dan nilai yang dibawanya dengan lantang. Makna dan nilai ini pulalah yang semestinya dicari oleh penikmat karya seni ketika ia sedang menikmati sebuah karya seni.
-
ydb, washington dc, 1april2016
jaga bara!
-
7777777

No comments:

Post a Comment