Monday, April 11, 2016

Karya Seni

7777777
-
Ada jenis karya seni yang ketika pertama kali kau melihatnya kau tidak begitu tertarik atau serta merta suka pada karya tersebut. Namun, bagai tanaman, ia tumbuh perlahan dan membesar dalam dirimu sampai ia menjadi bagian dirimu yang kau sukai. Seiring dengan perjalanan waktu, seiring dengan meningkatnya pengetahuanmu tentang karya tersebut dan pengetahuanmu tentang seniman pencipta karya tersebut, dan juga seiring dengan bertumbuhnya dirimu sendiri, kau semakin menaruh rasa suka, rasa sayang dan rasa hormat pada karya tersebut, dan juga pada senimannya.
Ya, ada jenis karya seni yang tumbuh perlahan-lahan dalam dirimu, lalu ia menjadi bagian dirimu yang tidak bisa dengan mudah kau tinggalkan. Karya seni yang bagus memang memiliki daya "sihir" seperti itu.
Sebaliknya, ada jenis karya yang serta merta menarik rasa sukamu, rasa kagummu, namun seiring dengan perjalanan waktu dan juga bertambahnya pengetahuanmu tentang karya tersebut, rasa suka dan kagummu luntur dan bahkan kemudian sirna. Kau dapati bahwa dibalik permukaan karya yang pertama kali membuatmu suka dan berdecak terkagum-kagum itu, karya tersebut sebenarnya tidak banyak berisi sesuatu yang bermakna dan yang akan terus membuatmu tumbuh. Karya jenis ini layak kau tinggalkan. Karya jenis ini akan kau tinggalkan.
Penikmat seni layak mempertanyakan pengetahuan seninya. Penikmat seni layak mempertanyakan selera seninya.
-
ydb, washington dc, 17m16
jaga bara!
-
7777777

No comments:

Post a Comment