Monday, September 29, 2014

BOOK: PAINTING TODAY by TONY GODFREY, 2009, PHAIDON, LONDON, NY.

1234567
BUKU SENI: : 'PAINTING TODAY' oleh TONY GODFREY, 2009, Phaidon, London, NY.
Beberapa hari yang lalu aku mengunjungi sebuah museum seni rupa di Washington DC [The Phillips Collection Museum]. Sebelum pulang, kusempatkan mampir di toko buku di dalam museum tersebut.
Di situ aku kembali melihat buku berat segede gajah gemuk itu. Judul buku itu adalah PAINTING TODAY yang ditulis oleh Tony Godfrey.
Yang menarik adalah, dalam buku itu tercantum 4 nama perupa kontemporer Indonesia yang berusia relatif masih muda. Mereka adalah: Jumaldi Alfi, Agus Suwage, Nyoman Masriadi, dan Rudi Mantovani. Yang lebih menarik adalah nama-nama mereka ditulis sebaris dan disebut sehelaan nafas dengan nama-nama seniman sangat dikenal di dunia seperti: Gerhard Richter, Georg Baselitz, Anselm Kiefer, Cy Twombly, Julian Schnabel, dll. Beberapa reproduksi lukisan mereka pun disertakan di situ.
Ini tentu sangat membesarkan hati!
Zaman memang sudah berubah rupanya. Semasa aku kuliah di ASRI/ ISI dulu di awal tahun 80an, hal seperti itu tidak pernah kutemukan. Paling-paling aku hanya mendengar dan membaca bahwa pelukis Affandi pernah belajar di India dan berpameran di Amerika dan Perancis. Setahuku, kala itu masih sangat jarang seniman-seniman Indonesia - bahkan yang senior-senior sekalipun - berpameran di luar negeri.
Hari ini keadaannya memang lebih baik dibanding dulu. Tapi belum baik benar.
Dalam buku itu, jumlah nama seniman Indonesia yang dicantumkan hanya 4. Tidak satupun nama seniman perempuan Indonesia tercantum dalam buku seberat kapal itu! Apa barangkali belum saatnya? Apakah diperlukan waktu 30 tahun pula sampai kita terbiasa melihat 5 atau 6 nama seniman perempuan Indonesia beserta reproduksi karya mereka tercantum dalam buku-buku tentang seni rupa internasional yang tebal-tebal dan berat itu?
Siapa yang tahu jawabnya?
*
ydb, washington dc, usa, 29092014
salam damai dan kasih untukmu semesta
jaga bara!
1234567






No comments:

Post a Comment