Thursday, September 11, 2014

KEINDAHAN LUAR DALAM

*******
Tidak sulit untuk mengubah sebuah wajah yang buruk atau yang biasa-biasa saja menjadi wajah yang cantik dan molek. Sering kita melihat dimana-mana peragaan wajah-wajah "Sebelum" dan "Sesudah"....."Before" and "After". Ajaib!
Semuanya "wah" dan mengagumkan! Namun, yang pasti kita tahu adalah bahwa isi dalam kepala yang kini tampak cantik itu kurang lebih sama dengan sebelumnya! Kecantikannya itu hanyalah di luar. Di dalam sama, atau bisa jadi lebih buruk dari sebelumnya.

Begitu pulalah halnya dengan "karya seni".
Tidak sulit untuk, misalnya, mengubah wajah putih kanvas kosong menjadi lukisan yang tampak cantik dan indah. Apalagi bila seseorang telah melukis selama puluhan tahun. Semua kecakapan dan keterampilan teknis melukis tidak sulit untuk dipelajari. Yang tidak mudah adalah mengatakan sesuatu yang bermutu dengan menggunakan sebagian saja dari ribuan kata yang telah kita hafal...dan mengatakannya dengan baik dan indah pula!
Keindahan luar-dalam itulah yang sulit dicapai.

Ada jutaan wajah yang cantik, tapi tidaklah banyak otak berisi pemikiran yang "cantik".
Ada banyak "karya seni" yang indah di permukaan, tapi tidaklah banyak karya seni yang benar-benar indah di dalam.
Ada cukup banyak "pemimpin" di dunia, tapi sedikit sekali jumlah pemimpin yang baik, bermutu dan yang benar-benar mampu memimpin.
Ada milyaran jumlah orang di muka bumi ini, tapi belum semua yang benar-benar sudah menjadi manusia. Manusia yang benar-benar manusia, maksudku!

ydb, washington dc, usa, 26.08.2014
salam damai dan kasih untukmu semesta!

*******

No comments:

Post a Comment