Monday, September 29, 2014

KONDISI KESENIAN INDONESIA

1234567
Teman-teman,
Aku punya pertanyaan:
Sudah happy-kah kita dengan kesenian dan kondisi kesenian kita sekarang ini?

"Ah, berkarya sajalah!" sebagian kita mungkin akan cepat-cepat berkata begitu.
Oya? Cukupkah itu?

Sudahkah kita happy dengan museum-museum dan galeri-galeri kita sekarang ini? Lalu, sudahkah kita happy dengan kualitas seni yang dipertontonkan pemerintah Indonesia kepada dunia, misalnya?

Teman-teman,
Sesungguhnya seniman berperan penting dalam menentukan arah perjalanan bangsa dalam bidang seni dan budayanya, yang tentu saja kemudian akan mempengaruhi bidang-bidang lain, pastinya!
Menurutku, berkarya saja di studio tidak cukup! Seniman bisa memberi kontribusi yang lebih besar kepada Bangsa.

Oh ya omong-omong, dekatkah presiden terpilih kita ini dengan seniman, termasuk seniman kontemporer? Sukakah beliau mengunjungi museum atau pertunjukan kesenian? Seberapa seringkah beliau selama ini mengunjungi pameran seni kontemporer? Saya hanya bertanya.

Seberapa sering selama ini seniman "diajak berembug" oleh pemerintah dalam hal-hal terkait kepentingan dan kenyamanan rakyat banyak?

Beberapa diantara teman-teman pernah mengatakan kepadaku betapa banyak keadaan buruk dalam kesenian dan kondisi kesenian kita saat ini.
Pertanyaannya adalah: Akankah para seniman, pekerja seni, pencinta seni, dll. membiarkan kondisi tersebut terus berlanjut seperti itu? Bukankah kita bisa, berhak, dan juga bertanggung jawab mengubah keadaan itu? Disinilah kita ditantang. PEDULIkah kita? Do we CARE? Ataukah kita sudah "nyerah"?

Kita tunaikan kewajiban kita, dan kita tuntut hak kita!

Tanpa kesenian dan kondisi kesenian yang hebat dan dahsyat, kita tidak akan bisa duduk sama rendah dan berdiri sama tinggi dengan negara-negara maju yang sudah duluan memiliki kesenian dan kondisi kesenian yang hebat dan dahsyat. Kalau kita tidak berubah menjadi lebih baik, kita akan terus tertinggal!

Masa pergantian pemerintahan ini menurutku adalah momen yang tepat untuk mendorong perubahan. Dan kalau mau, para seniman bisa melakukan itu!

*
ydb, washington dc, usa, 28092014
salam damai dan kasih untukmu semesta
jaga bara!


1234567

No comments:

Post a Comment