Wednesday, October 15, 2014

KARYA SENI DAN PERTANYAAN YANG TEPAT

7777777

KARYA SENI DAN PERTANYAAN YANG TEPAT

Pertanyaan yang mesti diajukan pertama-tama atau terlebih dahulu ketika berhadapan dengan sebuah karya seni adalah: ADAkah ISI atau MUATAN dalam karya itu?

Pertanyaan berikutnya: Apa kira-kira isi dan muatan karya tersebut?

Pertanyaan berikutnya: Jika memang karya itu ada isi atau muatannya, berkualitaskah ia? Seberapa berartikah isi dan muatannya baik bagi sang seniman maupun bagi manusia lainnya? 

Pertanyaan selanjutnya: Jika memang isi dan muatan karya itu bermutu, apakah isi dan muatan itu disampaikan dengan kualitas seni yang baik dan indah pula? Apakah kualitas pesan dan kualitas penyampaiannya berimbang?

Pertanyaan berikutnya: Karena karya seni adalah ekspresi dan cara berkomunikasi si seniman, maka berhasilkah dia dalam berekspresi itu? Terjadikah komunikasi atau dialog yang baik dan bagus antara si seniman melalui karyanya dengan para penikmat karya tersebut?
Dengan kata lain: sampaikah pesan atau ekspresi sang seniman kepada penikmat karyanya?

Pertanyaan berikutnya: Akan meningkatkah taraf kemanusiaan orang setelah menikmati karya tersebut? Apakah nilai-nilai yang terkandung dalam karya tersebut akan lebih meninggikan harkat kemanusiaan manusia yang menikmati karya tersebut?

*


ydb, washington dc, usa, 15.10.2014
berpikir itu nikmat.
jaga bara!

7777777

No comments:

Post a Comment