Friday, October 24, 2014

OSCAR MURILLO: "BASQUIAT ABAD KE-21"

7777777

OSCAR MURILLO: "Basquiat abad ke-21"

Usianya baru 28 tahun. 
Karyanya agresif dan dekoratif.
Kolektor seni dan fansnya yang lain menjulukinya sebagai Basquiat baru, atau “Basquiat abad ke-21”. Gaya rambutnya pun meniru gaya rambut Basquiat.

Bulan September, sebuah lukisan Murillo yang sebelumnya  dibeli seharga $ 7.000 AS pada tahun 2011, terjual dengan harga $ 401.000 AS di balai lelang  Phillips; pada bulan Februari, sebuah lukisan yang dibuat tiga tahun lalu, dengan tulisan BURRITO di atasnya, terjual seharga $ 322.000 AS di balai lelang Christie, dan harga karyanya yang lain juga telah melonjak  sebanyak 3.000 persen hanya dalam waktu dua tahun.

Oscar Murillo lahir, dan menghabiskan sepuluh tahun pertama hidupnya, di La Paila, sebuah kota kecil di Cauca Valley, Kolombia, di mana tebu telah ditanam sejak dibawa oleh Spanyol di abad ke-16. Budak dari Afrika yang diimpor untuk bekerja di perkebunan, dan sampai hari ini keturunan mereka, sekarang dengan warna kulit bercampur, masih tinggal di sana, banyak bekerja dalam industri gula. Selama hampir satu abad, perusahaan lokal Colombina dimiliki oleh keluarga Caicedo, baron gula berkulit lebih terang daripada pekerja mereka dan mengendalikan segalanya mulai dari peternakan hingga pabrik permen yang luas sampai ke liga sepak bola lokal.


Murillo tinggal di London.

[sumber: 
http://www.vulture.com dan http://www.nytimes.com]

ydb, washington dc, usa, 24.10.2014
salam damai dan kasih untukmu semesta
jaga bara!


7777777



























No comments:

Post a Comment